Perusahaan biasanya memasang kriteria tertentu pada berbagai lowongan pekerjaan yang mereka buka. Selain prestasi akademis, banyak hal lain yang juga menjadi pertimbangan.
Secara umum, ada 10 kemampuan utama yang dicari perusahaan pada kandidat pegawai yang akan mereka rekrut. Berikut daftarnya, seperti dinukil dari laman University of Kent, Jumat (2/1/2015).
- Kemampuan verbal, yaitu mampu mengekspresikan gagasan secara jelas dan menunjukkan kepercayaan diri saat berbicara.
- Kerjasama tim, yaitu kepercayaan diri untuk bekerja di dalam kelompok.
- Kesadaran komersial, yaitu memahami kenyataan komersial yang memengaruhi perusahaan.
- Analisa dan investigasi, yaitu kemampuan mengumpulkan informasi secara sistematis untuk membangun fakta dan prinsip-prinsip dalam pemecahan masalah.
- Inisiatif, yaitu mampu menunjukkan inisiatif, mengidentifikasikan peluang dan proaktif dalam menyampaikan ide dan solusi.
- Dorongan, yaitu memiliki tekad menyelesaikan pekerjaan dan mencari cara lebih baik dalam melakukan suatu tugas.
- Komunikasi tertulis, yaitu kemampuan menyampaikan gagasan secara jelas dalam tulisan.
- Perencanaan dan pengaturan, yaitu kemampuan merencanakan kegiatan dan melaksanakannya dengan efektif.
- Fleksibilitas, yaitu kemampuan beradaptasi dengan baik dalam berbagai perubahan suasana dan lingkungan.
- Manajemen waktu, yaitu kemampuan mengatur waktu dengan efektif, memprioritaskan tugas dan memenuhi deadline.
No comments:
Post a Comment