BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Hak merupakan unsur normatif yang melekat pada diri setiap manusia yang dalam penerapannya berada pada ruang lingkup hak persamaan dan hak kebebasan yang terkait dengan interaksinya antara individu atau dengan instansi. Hak juga merupakan sesuatu yang harus diperoleh. Masalah HAM adalah sesuatu hal yang sering kali dibicarakan dan dibahas terutama dalam era reformasi ini. HAM lebih dijunjung tinggi dan lebih diperhatikan dalam era reformasi dari pada era sebelum reformasi. Perlu diingat bahwa dalam hal pemenuhan hak, kita hidup tidak sendiri dan kita hidup bersosialisasi dengan orang lain. Jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM terhadap orang lain dalam usaha perolehan atau pemenuhan HAM pada diri kita sendiri. Dalam hal ini penulis merasa tertarik untuk membuat makalah tentang HAM. Maka dengan ini penulis mengambil judul “Hak Asasi Manusia”.
2. Identifikasi Masalah
Dalam makalah ini penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Pengertian HAM
2. Perkembangan HAM
3. HAM dalam tinjauan Islam
4. Contoh-contoh pelanggaran HAM
3. Batasan Masalah
Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan dalam hal ini pembuatan makalah ini, maka dengan ini penyusun membatasi masalah hanya pada ruang lingkup HAM.
4. Metode Pembahasan
Dalam hal ini penulis menggunakan:
1. Metode deskritif, sebagaimana ditunjukan oleh namanya, pembahasan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat atau kelompok orang tertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih (Atherton dan Klemmack: 1982).
2. Penelitian kepustakaan, yaitu Penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan, mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku dan bahan lainnya yang ada hubungannya dengan masalah-masalah yang diteliti.
BAB II
HAK ASASI MANUSIA (HAM)
1. Pengertian Dan Ciri Pokok Hakikat HAM
a. Pengertian
• HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia, sesuai dengan kodratnya (Kaelan: 2002).
• Menurut pendapat Jan Materson (dari komisi HAM PBB), dalam Teaching Human Rights, United Nations sebagaimana dikutip Baharuddin Lopa menegaskan bahwa HAM adalah hak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia.
• John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).
• Dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM disebutkan bahwa “Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia”
b. Ciri Pokok Hakikat HAM
Berdasarkan beberapa rumusan HAM di atas, dapat ditarik kesimpulan tentang beberapa ciri pokok hakikat HAM yaitu:
• HAM tidak perlu diberikan, dibeli ataupun diwarisi. HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis.
• HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, ras, agama, etnis, pandangan politik atau asal-usul sosial dan bangsa.
• HAM tidak bisa dilanggar. Tidak seorangpun mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain. Orang tetap mempunyai HAM walaupun sebuah Negara membuat hukum yang tidak melindungi atau melanggar HAM (Mansyur Fakih, 2003).
2. Perkembangan Pemikiran HAM
• Dibagi dalam 4 generasi, yaitu :
o Generasi pertama berpendapat bahwa pemikiran HAM hanya berpusat pada bidang hukum dan politik. Fokus pemikiran HAM generasi pertama pada bidang hukum dan politik disebabkan oleh dampak dan situasi perang dunia II, totaliterisme dan adanya keinginan Negara-negara yang baru merdeka untuk menciptakan sesuatu tertib hukum yang baru.
o Generasi kedua pemikiran HAM tidak saja menuntut hak yuridis melainkan juga hak-hak sosial, ekonomi, politik dan budaya. Jadi pemikiran HAM generasi kedua menunjukan perluasan pengertian konsep dan cakupan hak asasi manusia. Pada masa generasi kedua, hak yuridis kurang mendapat penekanan sehingga terjadi ketidakseimbangan dengan hak sosial-budaya, hak ekonomi dan hak politik.
o Generasi ketiga sebagai reaksi pemikiran HAM generasi kedua. Generasi ketiga menjanjikan adanya kesatuan antara hak ekonomi, sosial, budaya, politik dan hukum dalam suatu keranjang yang disebut dengan hak-hak melaksanakan pembangunan. Dalam pelaksanaannya hasil pemikiran HAM generasi ketiga juga mengalami ketidakseimbangan dimana terjadi penekanan terhadap hak ekonomi dalam arti pembangunan ekonomi menjadi prioritas utama, sedangkan hak lainnya terabaikan sehingga menimbulkan banyak korban, karena banyak hak-hak rakyat lainnya yang dilanggar.
o Generasi keempat yang mengkritik peranan negara yang sangat dominant dalam proses pembangunan yang terfokus pada pembangunan ekonomi dan menimbulkan dampak negative seperti diabaikannya aspek kesejahteraan rakyat. Selain itu program pembangunan yang dijalankan tidak berdasarkan kebutuhan rakyat secara keseluruhan melainkan memenuhi kebutuhan sekelompok elit. Pemikiran HAM generasi keempat dipelopori oleh Negara-negara di kawasan Asia yang pada tahun 1983 melahirkan deklarasi hak asasi manusia yang disebut Declaration of the basic Duties of Asia People and Government
Perkembangan pemikiran HAM dunia bermula dari:
a) Magna Charta
Pada umumnya para pakar di Eropa berpendapat bahwa lahirnya HAM di kawasan Eropa dimulai dengan lahirnya magna Charta yang antara lain memuat pandangan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuasaan absolute (raja yang menciptakan hukum, tetapi ia sendiri tidak terikat dengan hukum yang dibuatnya), menjadi dibatasi kekuasaannya dan mulai dapat diminta pertanggung jawabannya dimuka hukum(Mansyur Effendi,1994).
b) The American declaration
Perkembangan HAM selanjutnya ditandai dengan munculnya The American Declaration of Independence yang lahir dari paham Rousseau dan Montesquuieu. Mulailah dipertegas bahwa manusia adalah merdeka sejak di dalam perut ibunya, sehingga tidaklah logis bila sesudah lahir ia harus dibelenggu.
c) The French declaration
Selanjutnya, pada tahun 1789 lahirlah The French Declaration (Deklarasi Perancis), dimana ketentuan tentang hak lebih dirinci lagi sebagaimana dimuat dalam The Rule of Law yang antara lain berbunyi tidak boleh ada penangkapan tanpa alasan yang sah. Dalam kaitan itu berlaku prinsip presumption of innocent, artinya orang-orang yang ditangkap, kemudian ditahan dan dituduh, berhak dinyatakan tidak bersalah, sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan ia bersalah.
d) The Four Freedom
Ada empat hak kebebasan berbicara dan menyatakan pendapat, hak kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai dengan ajaran agama yang diperlukannya, hak kebebasan dari kemiskinan dalam Pengertian setiap bangsa berusaha mencapai tingkat kehidupan yang damai dan sejahtera bagi penduduknya, hak kebebasan dari ketakutan, yang meliputi usaha, pengurangan persenjataan, sehingga tidak satupun bangsa berada dalam posisi berkeinginan untuk melakukan serangan terhadap Negara lain ( Mansyur Effendi,1994).
Perkembangan pemikiran HAM di Indonesia:
Pemikiran HAM periode sebelum kemerdekaan yang paling menonjol pada Indische Partij adalah hak untuk mendapatkan kemerdekaan serta mendapatkan perlakukan yang sama hak kemerdekaan.
Sejak kemerdekaan tahun 1945 sampai sekarang di Indonesia telah berlaku 3 UUD dalam 4 periode, yaitu:
1. Periode 18 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949, berlaku UUD 1945
2. Periode 27 Desember 1949 sampai 17 Agustus 1950, berlaku konstitusi Republik Indonesia Serikat
3. Periode 17 Agustus sampai 5 Juli 1959, berlaku UUD 1950
4. Periode 5 Juli 1959 sampai sekarang, berlaku Kembali UUD 1945
3. HAM Dalam Tinjauan Islam
Adanya ajaran tentang HAM dalam Islam menunjukan bahwa Islam sebagai agama telah menempatkan manusia sebagai makhluk terhormat dan mulia. Oleh karena itu, perlindungan dan penghormatan terhadap manusia merupakan tuntutan ajaran itu sendiri yang wajib dilaksanakan oleh umatnya terhadap sesama manusia tanpa terkecuali. Hak-hak yang diberikan Allah itu bersifat permanent, kekal dan abadi, tidak boleh dirubah atau dimodifikasi (Abu A’la Almaududi, 1998). Dalam Islam terdapat dua konsep tentang hak, yakni hak manusia (hak al insan) dan hak Allah. Setiap hak itu saling melandasi satu sama lain. Hak Allah melandasi manusia dan juga sebaliknya. Dalam aplikasinya, tidak ada satupun hak yang terlepas dari kedua hak tersebut, misalnya sholat.
Sementara dalam hal al insan seperti hak kepemilikan, setiap manusia berhak untuk mengelola harta yang dimilikinya.
Konsep islam mengenai kehidupan manusia didasarkan pada pendekatan teosentris (theocentries) atau yang menempatkan Allah melalui ketentuan syariatnya sebagai tolak ukur tentang baik buruk tatanan kehidupan manusia baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakjat atau warga bangsa. Dengan demikian konsep Islam tentang HAM berpijak pada ajaran tauhid. Konsep tauhid mengandung ide persamaan dan persaudaraan manusia. Konsep tauhid juga mencakup ide persamaan dan persatuan semua makhluk yang oleh Harun Nasution dan Bahtiar Effendi disebut dengan ide perikemakhlukan. Islam datang secara inheren membawa ajaran tentang HAM, ajaran islam tentang HAM dapat dijumpai dalam sumber utama ajaran islam yaitu al-Qur’an dan al-Hadits yang merupakan sumber ajaran normative, juga terdapat praktek kehidupan umat islam.
Dilihat dari tingkatannya, ada 3 bentuk HAM dalam Islam, pertama, Hak Darury (hak dasar). Sesuatu dianggap hak dasar apabila hak tersebut dilanggar, bukan hanya membuat manusia sengsara, tetapi juga eksistensinya bahkan hilang harkat kemanusiaannya. Sebagai misal, bila hak hidup dilanggar maka berarti orang itu mati. Kedua, hak sekunder (hajy) yakni hak-hak yang bila tidak dipenuhi akan berakibat hilangnya hak-hak elementer misalnya, hak seseorang untuk memperoleh sandang pangan yang layak maka akan mengakibatkan hilangnya hak hidup. Ketiga hak tersier (tahsiny) yakni hak yang tingkatannya lebih rendah dari hak primer dan sekunder (Masdar F. Mas’udi, 2002)
Mengenai HAM yang berkaitan dengan hak-hak warga Negara, Al Maududi menjelaskan bahwa dalam Islam hak asasi pertama dan utama warga negara adalah:
1. Melindungi nyawa, harta dan martabat mereka bersama-sama dengan jaminan bahwa hak ini tidak kami dicampuri, kecuali dengan alasan-alasan yang sah dan ilegal.
2. Perlindungan atas kebebasan pribadi. Kebebasan pribadi tidak bisa dilanggar kecuali setelah melalui proses pembuktian yang meyakinkan secara hukum dan memberikan kesempatan kepada tertuduh untuk mengajukan pembelaan
3. Kemerdekaan mengemukakan pendapat serta menganut keyakinan masing-masing
4. Jaminan pemenuhan kebutuhan pokok bagi semua warga negara tanpa membedakan kasta atau keyakinan. Salah satu kewajiban zakat kepada umat Islam, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokok warga negara.
HAM Dalam Perundang-Undangan Nasional
Dalam perundang-undangan RI paling tidak terdapat bentuk hukum tertulis yang memuat aturan tentang HAM. Pertama, dalam konstitusi (UUD Negara). Kedua, dalam ketetapan MPR (TAP MPR). Ketiga, dalam Undang-undang. Keempat, dalam peraturan pelaksanaan perundang-undangan seperti peraturan pemerintah, keputusan presiden dan peraturan pelaksanaan lainnya.
Kelebihan pengaturan HAM dalam konstitusi memberikan jaminan yang sangat kuat karena perubahan dan atau penghapusan satu pasal dalam konstitusi seperti dalam ketatanegaraan di Indonesia mengalami proses yang sangat berat dan panjang, antara lain melalui amandemen dan referendum, sedangkan kelemahannya karena yang diatur dalam konstitusi hanya memuat aturan yang masih global seperti ketentuan tentang HAM dalam konstitusi RI yang masih bersifat global. Sementara itu bila pengaturan HAM dalam bentuk Undang-undang dan peraturan pelaksanaannya kelemahannya, pada kemungkinan seringnya mengalami perubahan.
Pelanggaran HAM dan pengadilan HAM
Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja ataupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang berlaku (UU No. 26/2000 tentang pengadilan HAM). Sedangkan bentuk pelanggaran HAM ringan selain dari kedua bentuk pelanggaran HAM berat itu.
Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis dan kelompok agama. Kejahatan genosida dilakukan dengan cara membunuh anggota kelompok, mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok, menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya, memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok, dan memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain (UU No. 26/2000 tentang pengadilan HAM).
Sementara itu kejahatan kemanusiaan adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut tujukan secara langsung terhadap penduduk sipil berupa pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa, perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional, penyiksaan, perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara, penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional, penghilangan orang secara paksa, dan kejahatan apartheid.
Pelanggaran terhadap HAM dapat dilakukan oleh baik aparatur negara maupun bukan aparatur negara (UU No. 26/2000 tentang pengadilan HAM). Karena itu penindakan terhadap pelanggaran HAM tidak boleh hanya ditujukan terhadap aparatur negara, tetapi juga pelanggaran yang dilakukan bukan oleh aparatur negara. Penindakan terhadap pelanggaran HAM mulai dari penyelidikan, penuntutan, dan persidangan terhadap pelanggaran yang terjadi harus bersifat non-diskriminatif dan berkeadilan. Pengadilan HAM merupakan pengadilan khusus yang berada di lingkungan pengadilan umum.
Penaggung jawab dalam penegakan (respection), pemajuan (promotion), perlindungan (protection) dan pemenuhan (fulfill) HAM.
Tanggung jawab pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM tidak saja dibebankan kepada negara, melainkan juga kepada individu warga negara. Artinya negara dan individu sama-sama memiliki tanggung jawab terhadap pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM. Karena itu, pelanggaran HAM sebenarnya tidak saja dilakukan oleh negara kepada rakyatnya, melainkan juga oleh rakyat kepada rakyat yang disebut dengan pelanggaran HAM secara horizontal.
4. Contoh-Contoh Kasus Pelanggaran HAM
1. Terjadinya penganiayaan pada praja STPDN oleh seniornya dengan dalih pembinaan yang menyebabkan meninggalnya Klip Muntu pada tahun 2003.
2. Dosen yang malas masuk kelas atau malas memberikan penjelasan pada suatu mata kuliah kepada mahasiswa merupakan pelanggaran HAM ringan kepada setiap mahasiswa.
3. Para pedagang yang berjualan di trotoar merupakan pelanggaran HAM terhadap para pejalan kaki, sehingga menyebabkan para pejalan kaki berjalan di pinggir jalan sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan.
4. Para pedagang tradisioanal yang berdagang di pinggir jalan merupakan pelanggaran HAM ringan terhadap pengguna jalan sehingga para pengguna jalan tidak bisa menikmati arus kendaraan yang tertib dan lancar.
5. Orang tua yang memaksakan kehendaknya agar anaknya masuk pada suatu jurusan tertentu dalam kuliahnya merupakan pelanggaran HAM terhadap anak, sehingga seorang anak tidak bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia sesuai dengan kiprahnya. Setiap individu mempunyai keinginan agar HAM-nya terpenuhi, tapi satu hal yang perlu kita ingat bahwa Jangan pernah melanggar atau menindas HAM orang lain.
HAM setiap individu dibatasi oleh HAM orang lain. Dalam Islam, Islam sudah lebih dulu memperhatikan HAM. Ajaran Islam tentang Islam dapat dijumpai dalam sumber utama ajaran Islam itu yaitu Al-Qur’an dan Hadits yang merupakan sumber ajaran normatif, juga terdapat dalam praktik kehidupan umat Islam.
Dalam kehidupan bernegara HAM diatur dan dilindungi oleh perundang-undangan RI, dimana setiap bentuk pelanggaran HAM baik yang dilakukan oleh seseorang, kelompok atau suatu instansi atau bahkan suatu Negara akan diadili dalam pelaksanaan peradilan HAM, pengadilan HAM menempuh proses pengadilan melalui hukum acara peradilan HAM sebagaimana terdapat dalam Undang-Undang pengadilan HAM.
B.Saran-saran
Sebagai makhluk sosial kita harus mampu mempertahankan dan memperjuangkan HAM kita sendiri. Di samping itu kita juga harus bisa menghormati dan menjaga HAM orang lain jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM. Dan Jangan sampai pula HAM kita dilanggar dan dinjak-injak oleh orang lain.
Jadi dalam menjaga HAM kita harus mampu menyelaraskan dan mengimbangi antara HAM kita dengan HAM orang lain.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
ReplyDeleteKEPADA ; YTH' BAPAK YAN ANTON PERDIAN,SH.
BUPATI KAB BANYUASIN SUM-SEL'
PERIHAL ; SEHARUS NYA.
AKIBAT YANG MENGIKAT :
PASAL ; 46 Ayat 1,2,dan 3 "Berdasar Kan Peraturan DUNIA
61/295. Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Pribumi.
Mengenai Penerimaan PEGAWAI Di Pemda Kab Banyuasin Baik Itu Honor,CPNS Dan PNS di Tambah Kenaikan Golongan Saya Roni paslah Mewakili MBM Masyarakat Banyuasin Menggugat Menghimbau Untuk MemPrioritas Kan Orang - Orang Asli Banyuasin "
Pemerinta Daerah Kab Banyuasin Wajip dan Harus La Taat dalam Menjalan kan Aturan Yang Ada Berazas Kan PANCASILA DAN UUD 1945
Mengenai Pemerinta Daera
UU No 22 Tahun 1999 Di Tambah,dengan "
DEKLARASI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA TENTANG HAK-HAK MASYARAKAT PRIBUMI
Resolusi di Adopsikan oleh Majelis Umum PBB
61/295. Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Pribumi.
PEMERINTA DAERA KABUPATEN BANYUASIN Hendak La Di Evaluasi kembali Rialita Yang Ada Saat ini" Suda menjadi Kuajiban Dan Aturan Yang Ada MEMPRIORITAKAN ORANG ORANG KAB BANYUASIN Untuk Di terima Menjadi Pegawai Di Seluru Instansi Baik itu Negri Maupun Suasta.
Setel kami pelajari Dan Kami Cermatti Kenyataan dan Rialisasi nya Sanggat Jau Dari Ketentuan dan Peraturan Yang Ada Hanya 35% Dari 100% Berdasar kan Kapasitas" Sementara Terlalu Banyak Pemuda,Pemudi Orang Banyuasin Yang Mampu Dan BerKopenten Untuk Itu" Kami harap Untuk Segera Di Benahi Dan Di perbaiki.
SIKAP DAN TINDAKKAN ".........." SEPERTI DEMIKIAN BERPOTENSI MENGINGIN KAN PERPECAH BELAHAN,ADU DOMBA,MERAMPAS HAK AZAZI SUATU KELOMPOK,SUKU,ETNIS DAN BANGSA MERUSAK KERUKUNAN SUATU WARGA NEGARA HAL SEPERTI DEMI KIAN SUATU KEJAHATAN YANG NO ONE " KORUPSI,KULUSI,NEPOTISME,RADIKALISME,KRIMINALIS DAN MASI BANYAK LAGI YANG DI TIMBUL KAN OLEH DAMPAK TERSEBUT.
ATAS NAMA MASYARAKAT BANYUASIN MENGGUGAT,MBM.
"MBM"
TERTANDA RONI PASLAH
Kabupatan Banyuasin pada tgal 03 nopember 2013 CPNS Untuk tenaga Pengajar SMA,SMP,SD Sederajat Yang Suda Resmi di nyata kan Lulus Sebanyak : 574 orang..
ReplyDeleteNo Urut : 270
NAMA : IRA SARI
DENGAN NO PESERTA : 5607-12-00463-2.
Semua persaratan Suda lengkap dan Benar dan dapat di Buktikan Secara Hukum Dan Suda di nyataakan Lulus Uji Kompeten CPNS Pada Tanggal 03 Nopember 2013 Setela lulus, ada laporn yang Tidak bisa di pertanggung Jawap kan Kebenaran nya.
Tapi kenapa Pihak Dinas BKD dan Dinas DISFETORAT Kab Banyuasin. Menyatakan IRA SARI, Bermasala Sehingga sampai Saat ini Tidak di SK KAN dan Tidak dilantik CPNS.. Lalu Apa arti Panitia Penerimaan Dan Penyeleksian Berkas Yang melibat kan Seluru istansi yang terkait Bahkan Pihak dari Dispetorat, Kejaksaan dan Kepolisian Di Libat kan Guna Peserta Yang Mengikuti Tes K2 Betul2 Yang Berhak dan Layak Suda pasti Tidak ada masala lagi mengenai Ke Benaran Berkas / dokumen.peserta Tes CPNS Itu.."
Lalu kenapa Setela Ira Sari Lulus Murni tampa ada bantuan Dari Sumber2 ( xx) Di permasalakan Apa kah Mungkin Ini Ada kaitan nya dengan UANG, Masala nya Ira Sari. Yang kami ketahui Jangan kan Mau Kasi oknum MR X " Uang Untuk Makan Sehari hari Saja susah.. permasaalaan ini Suda di sampai kan Pada WABUK BANYUASIN. IR SUPRI YONO,Bukan nya Solusi Yang Ada Hanya Langsung tuding Ira Sari Memang Bermasala Dan Bapak Wabuk Bicara Masala Aturan Yang bertujuan Untuk Menggelabui dan Membodo bodohi Supaya Masala ini Seakan,akan Suda tidak bisa di Perbaiki "
"Saya mempunyai keyakinan IR SUPRI YONO Sekanario di balik masala Ira Sari ini Tidak Sepatut nya Se Orang Wakil Bupati Menyikapi Permasalahan Masyarakat nya yang datang Temui NYA Mala Bapak Wabuk Tidak bisa memberi kan Jalan Terbaik Yang Ada Keluar dari mulut nya Jurus Penyelamat MELEMPAR KAN MASALA KESANA KE MARI SUNGGU TIDAK ADA TANGGUNG JAWAP UNTUK MEMPER BAIKI SISTEM MENEJEMEN PEMERINTA KAB BANYUASIN SUDA JELAS2 SALA.
SAYA harap masala ini segera di Perbaiki dan di selsai kan Saya Tau persis seperti apa Pengangkatan Pegawai sampai kenaikan Golongan Pegawai di Kab Banyuasin ini. Saya Sangat Sayang kan adai Masala ini Tidak secapat nya di selsai kan Mohon Pak Menteri Untuk Menindak Oknum2 Pejabat Yang Suda Menyalagunakan Wewenang dan Suda Melaku kan Penipulasian Data Seakan Akan Berbuatan Tersebut BUKAN merupakan Perbuatan yang Melawan Hukum
Dengan Segala harapan Saya tumpuh kan Pada Uluran Tangan Pak Menteri Saya sangat Yakin dan Percaya Andaikan Pak Menteri Membantu Masala ini Secapat nya Terselsai kan Wassalam.
Kabupatan Banyuasin pada tgal 03 nopember 2013 CPNS Untuk tenaga Pengajar SMA,SMP,SD Sederajat Yang Suda Resmi di nyata kan Lulus Sebanyak : 574 orang..
ReplyDeleteNo Urut : 270
NAMA : IRA SARI
DENGAN NO PESERTA : 5607-12-00463-2.
Semua persaratan Suda lengkap dan Benar dan dapat di Buktikan Secara Hukum Dan Suda di nyataakan Lulus Uji Kompeten CPNS Pada Tanggal 03 Nopember 2013 Setela lulus, ada laporn yang Tidak bisa di pertanggung Jawap kan Kebenaran nya.
Tapi kenapa Pihak Dinas BKD dan Dinas DISFETORAT Kab Banyuasin. Menyatakan IRA SARI, Bermasala Sehingga sampai Saat ini Tidak di SK KAN dan Tidak dilantik CPNS.. Lalu Apa arti Panitia Penerimaan Dan Penyeleksian Berkas Yang melibat kan Seluru istansi yang terkait Bahkan Pihak dari Dispetorat, Kejaksaan dan Kepolisian Di Libat kan Guna Peserta Yang Mengikuti Tes K2 Betul2 Yang Berhak dan Layak Suda pasti Tidak ada masala lagi mengenai Ke Benaran Berkas / dokumen.peserta Tes CPNS Itu.."
Lalu kenapa Setela Ira Sari Lulus Murni tampa ada bantuan Dari Sumber2 ( xx) Di permasalakan Apa kah Mungkin Ini Ada kaitan nya dengan UANG, Masala nya Ira Sari. Yang kami ketahui Jangan kan Mau Kasi oknum MR X " Uang Untuk Makan Sehari hari Saja susah.. permasaalaan ini Suda di sampai kan Pada WABUK BANYUASIN. IR SUPRI YONO,Bukan nya Solusi Yang Ada Hanya Langsung tuding Ira Sari Memang Bermasala Dan Bapak Wabuk Bicara Masala Aturan Yang bertujuan Untuk Menggelabui dan Membodo bodohi Supaya Masala ini Seakan,akan Suda tidak bisa di Perbaiki "
"Saya mempunyai keyakinan IR SUPRI YONO Sekanario di balik masala Ira Sari ini Tidak Sepatut nya Se Orang Wakil Bupati Menyikapi Permasalahan Masyarakat nya yang datang Temui NYA Mala Bapak Wabuk Tidak bisa memberi kan Jalan Terbaik Yang Ada Keluar dari mulut nya Jurus Penyelamat MELEMPAR KAN MASALA KESANA KE MARI SUNGGU TIDAK ADA TANGGUNG JAWAP UNTUK MEMPER BAIKI SISTEM MENEJEMEN PEMERINTA KAB BANYUASIN SUDA JELAS2 SALA.
SAYA harap masala ini segera di Perbaiki dan di selsai kan Saya Tau persis seperti apa Pengangkatan Pegawai sampai kenaikan Golongan Pegawai di Kab Banyuasin ini. Saya Sangat Sayang kan adai Masala ini Tidak secapat nya di selsai kan Mohon Pak Menteri Untuk Menindak Oknum2 Pejabat Yang Suda Menyalagunakan Wewenang dan Suda Melaku kan Penipulasian Data Seakan Akan Berbuatan Tersebut BUKAN merupakan Perbuatan yang Melawan Hukum
Dengan Segala harapan Saya tumpuh kan Pada Uluran Tangan Pak Menteri Saya sangat Yakin dan Percaya Andaikan Pak Menteri Membantu Masala ini Secapat nya Terselsai kan Wassalam.